BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Sektor pertanian merupakan andalan bagi negara-negara agraris. Kemajuan teknologi di berbagaibidang membawa duniake era globalisasi dan keadaan ini membawa dunia perekonomian yang berpola agribisnis danagroindustri Indonesia kedunia perdagangan internasional.
Era globalisasi dicirikan antara lain oleh perdagangan yang semakin besarantar negara diduniatermasuk diadakannya perdagangan komoditas hortikultura.Hal ini bararti bahwa komoditads hortikultura Indonesia mempunyai peluanguntuk berperan dipasaran dunia disampingdipihak lain pasar dalam negri menjadi terbuka untuk pasaran komoditas hortikultura dari luar negri. Sebagai suatupeluang ekonomi (economy opportunity) yang sangat potensial, bisnistanaman hias akan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi ekonomi nasional dimasa mendatang. Kesempatan ekonomi yang potensial dapat direalisasikan apabila sektor ini mendapatkan penanganan yang cukup dari pemerintah (Anonymous, 1994).
Proses pengembangan sektor pertania n sampai saat ini masih diprioritaskan untuk peningkatan produksi pangan. Usaha- usaha untuk peningkatan produksi tanaman hias masih kurang mendapat perhatian dari berbagai pihak, hal tersebut dapat dimengerti mengingat konsumen untuk produksi tanaman hias masih sangat terbatas untuk masyarakat dalam negri. Setelah adanya rangsangan- rangsangan untuk kepentingan ekspor maka mulailahtanaman hias itu mendapat perhatian.
Indonesia sebagainegara tropis, terkenal juga memiliki berbagai macamjenis tanaman hias yang banyak diminati, meskipun tanaman hias bukanlah bahan pangan, tanaman hias terutama anggrek banyak juga diminati dan dibutuhkanoleh masyarakat di negara lain. Tentunya kondisi ini dapat dilihatsebagai tantangan sekaligus sebagaipeluang dalam bisnis tanamanhias anggrek atau pembibitan anggrek, khususnya“Handoyo Budi Orchids” yang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat usaha pembibitan anggrek botol. Sebagaipeluang apabila terbukanya peluang pasar dalam negri karena antara lain disebabkan oleh peningkatan pendapatan dan kasejahteraan masyarakat serta berkembangnya pariwisata, agroindustri, dan toko atau kios bunga, sedangkan untuk peluang pasar diluar negri karena masih banyaknya permintaan akan bunga potong anggrek yangbelum terlayani.
Terbukanya peluang pasar akan memacudan merangsang perkembangan usaha tanaman hias untuk pembibitan anggrek botol terutama pada “HandoyoBudi Orchids”. Pengembangan tanaman hias anggrek khususnya dilaksanakan melalui peningkatan kualitas hasil dan peningkatan teknologipembibitan anggrek botol, sehinggadapat menghasilkan tanamananggrek berkualitas yang mampubersaing dipasaran dalam negri dan luar negri.
Perkembangan usaha pembibitan anggrek botol pada “Hadoyo Budi Orchids” khususnya, dapat diketahui jika dilakukan evaluasi atas kemampuan “Handoyo Budi Orchids” dalam pengambilan keputusan ekonomi dan dalam menghasilkan kas diantaranya melalui struktur biaya, laporan laba-rugi, dan neraca.
Dengan alasan inilah penelitian mengambil judul: “Analisis Us aha Pembibitan anggrek Dalam Botol Pada HandoyoBudi Orchids Di Malang ”.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
0 comments:
Post a Comment